Rabu, 09 Maret 2011

ISLAMIC CARD


Kartu kredit syariah di Indonesia dikeluarkan berdasarkan Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN)

Nomor : 54/DSN-MUI/X/2006.

Keunggulan IslamicCard antara lain :

Dari Segi Pembebanan Biaya, perhitungan biaya bersifat fix yakni tidak berdasarkan bunga.

Dari Segi Akad, sesuai dengan fatwa MUI meliputi kafalah,qard dan ijarah.

Penjelasan dari masing-masing akad sebagai berikut :

Kafalah, penerbit kartu sebagai penjamin (kafil) bagi pemegang kartu terhadap merchant atas semua kewajiban bayar (dayn) yang timbul dari transaksi antara pemegang kartu dengan merchant dan atau penarikan uang tunai selain bank atau ATM bank penerbit kartu.

Qard, penerbit kartu sebagai pemberi jaminan (muqridh) kepada pemegang kartu (muqtaridh) melalui penarikan tunia dari bank atau ATM bank penerbit kartu.

Ijarah, penerbit kartu sebagai penyedia jasa sistem pembayaran dan pelayanan terhadap pemegang kartu.

Secara umum bentuk dan penggunaan kartu kredit syariah hampir sama dengan kartu kredit konvensional, namun beberapa hal yang membedakannya antara lain :

Hanya digunakan untuk transaksi yang sesuai dengan syariah.

Tidak mendorong pengeluaran yang berlebihan (israf).

Harus memiliki kemampuan finansial untuk melunasi pada waktunya.

Bagaimanapun kartu kredit merupakan produk keuangan yang fenomenal, yang dapat digunakan untuk membeli produk barang dan jasa atau mengambil uang tunai tanpa memiliki saldo kas sebelumnya. Pemakaian yang berlebihan dengan niat berhutang, besar pasak dari pada tiang merupakan pola hidup yang bertentangan dengan syariah dan nilai-nilai Islam. Sebagaimanapun syariahnya kartu kredit yang digunakan, meng-Islam-kan hati, fikiran dan hawa nafsu lebih utama dalam menghindarkan diri dari bermegah-megahan atau pemborosan.

Sebagaimana diingatkan Allah SWT tentang larangan bermegah-megahan yang dapat melalaikan, firman Allah SWT dalam Surat At Takasur (ayat 1-8) “ Bermegah-megahan telah melalaikan kamu, sampai kamu masuk ke dalam kubur. Sekali-kali tidak! Kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu), kemudian sekali-kali tidak! Kelak kamu akan mengetahui. Sekali-kali tidak! Sekiranya kamu mengetahui dengan pasti, niscaya kamu benar-benar akan melihat neraka Jahim, kemudian kamu benar-benar akan melihatnya dengan mata kepala sendiri, kemudian kamu benar-benar akan ditanya pada hari itu tentang kenikmatan (yang megah di dunia itu)”

Pemakaian kartu kredit walaupun kartu kreditnya syariah jika tidak berhati-hati juga dapat terjerumus dalam sifat boros. Bisa jadi barang atau jasa yang dibeli 100% merupakan produk yang halal dan thoyyib, namun dengan kemudahan kartu kredit dalam pembelian barang tersebut sebenarnya produk tersebut tidak terlalu penting. Secara tidak sadar telah berlaku boros yang merupakan bagian dari sifat setan, sebagaimana Allah SWT firmankan dalam Surat Al Isra’ ayat 27, “ Sesungguhnya orang-orang yang pemboros itu adalah saudara setan dan setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya.”

Maha benar Allah SWT dengan segala firman-Nya. Sambut booming produk keuangan syariah dengan bijaksana dan semata-mata untuk kesejahteraan sesama serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

1 komentar:

  1. Saya HENDRO SATRIA dengan nama, penduduk asli Kupang Indonesia tetapi saya tinggal di 2270 Paul Wayne Haggerty Road, New Orleans, LA 70114, AS. Saya ingin membagikan kesaksian hebat ini tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari MARGARET PEDRO LOAN PERUSAHAAN SELURUH DUNIA ... keluarga saya diusir dari rumah kami karena saya tidak dapat membayar tagihan lagi. Setelah scammed oleh berbagai perusahaan online dan ditolak pinjaman oleh bank saya serta serikat kredit yang saya kunjungi. Anak-anak saya dibawa ke panti asuhan; Saya sendirian di jalan. Sampai suatu hari saya dengan malu-malu berjalan ke teman sekolah lama yang memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang takut akan Tuhan ini (PERUSAHAAN PINJAMAN PEDRO MARGAGRET). Pada awalnya saya mengatakan kepadanya bahwa saya tidak siap untuk mengambil risiko meminta pinjaman online lagi, tetapi dia meyakinkan saya bahwa saya akan menerima pinjaman saya dari mereka. Setelah dipikir-pikir lagi, karena tuna wisma saya mengambil persidangan dan mengajukan pinjaman, saya mengisi formulir permohonan pinjaman dan melanjutkan dengan semua yang diminta dari saya, untungnya seperti yang Tuhan inginkan, saya diberi pinjaman $ 175.000,00 yang Saya melamar dari perusahaan ini dan saya senang saya mengambil risiko dan mengajukan pinjaman. Anak-anak saya telah diberikan kembali kepada saya dan sekarang saya memiliki rumah dan bisnis sendiri. Semua rasa terima kasih ditujukan kepada MRS MARGARET PEDRO EMINENT, Tuhan mengirim Pemberi Pinjaman untuk memberi arti bagi hidup saya ketika saya telah kehilangan semua harapan, jadi saya bersumpah pada diri sendiri bahwa saya akan terus bersaksi di internet tentang bagaimana saya mengubah hidup saya yang beruntung pinjaman. Karena itu tanpa reservasi, saya sangat merekomendasikan PERUSAHAAN PINJAMAN PEDRO MARGARET bagi siapa saja yang membutuhkan pinjaman. Anda dapat menghubungi perusahaan hebat ini melalui situs web mereka: margaretpedroloancompany.simdif.com atau melalui email di margaretpedroloancompany@gmail.com atau Hubungi / WA di +1 6398003044
    Jika Anda ingin saya memberi tahu Anda lebih banyak tentang Nyonya Margaret Pedro, Anda dapat menghubungi saya melalui Email saya: Hendrosatria36@gmail.com. Hubungi: PERUSAHAAN PINJAMAN MARGARET PEDRO dan selesaikan masalah keuangan Anda. Anda akan tersenyum hanya dengan cara tersenyum sekarang. ...

    BalasHapus